Breaking News

Urutan Bagaimana Membuat Blog Yang Baik dan Optimal

Alhamdulillah saya bisa bertemu lagi dengan para sahabat blogger setelah sekian lama vakum menulis. Kali ini saya ingin berbagi informasi yang semoga saja bisa bermanfaat buat semua, walaupun sudah berkali-kali dibahas dipostingan sebelumnya tapi kali ini saya coba rangkumkan agar lebih mudah dibaca dan dipahami.
Lansung saja kita bahas Bagaimana membangun blog yang baik dan optimal. Membuat blog mungkin bisa dibilang mudah, ya kita tinggal membuat akun di blogger kemudian mendesainnya agar tampak bagus dan menarik akan tetapi banyak yang belum mengetahui atau sama sekali tidak tahu agar blog bisa bekerja secara optimal tentunya dengan tujuan agar blog kita dibanjiri banyak pengunjung dan mendapat tempat yang baik di search engine. Memang bukanlah hal mudah tapi tidak ada salahnya kita belajar bersama walaupun hasilnya tidak sesempurna yang kita harapkan akan tetapi tidak ada salahnya kita mencoba.

1. Membuat akun Gmail dan mendaftar di Blogger
Untuk hal ini mungkin saya tidak perlu lagi menjelaskan secara detail, saya yakin para pembaca sudah bisa melakukannya semua.

2. Membuat atau menentukan Template Blog
Ada baiknya  kita membuat template sendiri akan tetapi bila itu terlalu sulit untuk kita maka kita bisa memilih template yang bisa kita unduh secara gratis di berbagai website penyedia template blog. Dan yang perlu kita perhatikan adalah bagaimana memilih template yang baik, berikut akan saya coba bagikan pengalaman saya dalam memilih template.

  • Pilihlah yang mudah dibaca dan tidak terlalu rumit, dalam hal ini banyak yang salah kaprah karena banyak yang memilih template yang hanya terlihat menarik tapi justru karena banyak widget dalam template membuat blog kita tampak rumit dan tidak nyaman dibaca. Padahal berdasarkan pengalaman saya blog yang sudah populer dan memiliki rangking bagus justru tampak terlihat biasa saja mereka lebih mengedepankan kenyamanan pembaca dalam menulusuri blog mereka daripada terlalu banyak tampilan entertaint yang justru mengganggu.
  • Pilihlah template yang SEO Friendly, banyak sekali tersedia secara gratis template yang SEO Friendly akan tetapi saya lebih suka menggunakan template yang berformat wordpress yang sudah diadaptasikan ke format blogger karena selain tampilan yang simpel dan menarik template wordpress sudah dirancang sedemikian rupa agar SEO Friendly sehingga kita tidak perlu mengotak atik lagi.
  • Pilihlah Template yang ringan, maksudnya adalah template yang tidak banyak mengandung konten dan widget yang tidak perlu semacam video, slide , gambar,animasi, banner yang berukuran besar karena membuat blog kita lambat untuk diakses dikarenakan terlalu berat tersebut sehingga membuat pembaca blog kita malas untuk mengakses apalagi yang menggunakan internet basis kuota tentunya akan berpikir dua kali untuk mengunjungi blog kita karena takut terpotong banyak kuota internetnya. Jika memang harus memakai konten-konten tersebut maka ada baiknya jika memang sangat diperlukan.
3. Memposting artikel blog
Menulis artikel dalam blog memang pekerjaan yang paling mudah karena kita bisa berekespresi sesuka hati kita tanpa ada batasan dan larangan namun kita harus memperhatikan beberapa hal dikarenakan postingan inilah jantung blog kita dimana orang mengunjungi blog kita ya karena postingan inilah makannya sangat menentukan untuk kelanggengan blog kita. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan dalam memposting artikel dalam blog.
  • Artikel hasil karya sendiri, kita belajar menjadi orang lain jika karya yang kita buat dengan susah payah dijiplak orang tanpa mencamtukan siapa penciptanya bahkan mengklaim miliknya tentu perasaan kita sangatlah marah. Maka belajarlah membuat tulisan sendiri bukanlah hasil copy paste kalaupun tulisan tersebut terinspirasi dari blog orang lain maka kembangkanlah dengan bahasa kita sendiri apabila tersebut berisi data-data yang tidak mungkin dirubah maka cantumkanlah sumber tulisan tersebut.
  • Menggunaan bahasa yang baik dan benar serta Ejaan Yang Disempurnakan (EYD), banyak dari kita seiring perkembangan zaman tidak menggunakan bahasa baku ataupun ejaan yang disingkat-singkat, hal seperti ini tidak masalah bagi para pembaca lokal tapi bagaimana dengan pembaca internasional apalagi jika artikel kita ditujukan kepada seluruh pembaca dunia tentunya artikel kita akan percuma dan tidak bermanfaat karena tidak bisa ditranslate dengan sempurna ke dalam bahasa asing.
  • Menyisipkan kata kunci ke dalam postingan, kata kunci atau yang sering kita kenal dengan TAG merupakan unsur penting dalam pembuatan postingan karena melalui inilah search engine mencari artikel kita. Hal yang harus diperhatikan adalah TAG tidak sesuai dengan judul dan isi postingan justru ini akan dianggap spamming oleh search engine, TAG yang bekerja optimal adalah dilakukan berulang kali akan tetapi jangan terlalu belebihan dan gunakan bentuk kata yang berbeda walaupun pada prinsipnya dengan bidikan yang sama, gunakan link in yang bertautan dengan artikel lain.
4. Membangun Backlink
Backlink merupakan pondasi atau kerangka blog dimana dengan adanya banyak backlink maka akan mempermudah blog kita dalam menjamin posisi kita di search engine dan bisa memperbaiki rangking blog kita baik di alexa maupun google. Diartikel sebelum-sebelumnya sudah dibahas secara lengkpa jadi silahkan kunjungi saja Cara mendapatkan backlink banyak dan berkualitas.

5. Promosi Blog
Semua yang sudah terbangun dengan baik akan percuma jika kita hanya mengandalkan search engine tanpa adanya promosi yang baik dari kita sendiri. Lalu bagaimana berpromosi yang tepat sasaran dan sekiranya mampu menghadirkan banyak pengunjung, berikut langkah-langkahnya.
  • Melalui Social Media, social media yang paling populer saat ini adalah facebook dan twitter maka melalui inilah kita dapat membagi link tulisan kita dengan judul yang sekiranya mampu menarik hati teman social anda untuk membacanya apalagi jika kita memiliki banyak teman atau follower tentunya akan mempermudah kita dalam berpromosi.
  • Melalui Website Forum dan Iklan Baris, jika artikel kita berupa informasi maka kita dapat mempromosikannya ke dalam website forum percayalah jika tulisan kita bermanfaat pasti dengan sendirinya banyak pengunjung yang ingin melihat blog kita tentunya jangan lupa menyisipkan link blog kita, jika artikel kita berupa produk maka kita dapat mempromosikannya ke dalam iklan baris. Selain dapat mendatangkan banyak pengunjung juga dapat memperkaya jumlah artikel kita di search engine dikarenakan tulisan kita ada dimana-mana sehingga mempermudah pengunjung dalam menemukan blog kita.
Ya itulah informasi singkat yang semoga saja berguna untuk kita semua baca juga tulisan lain yang berhubungan disini :

3 komentar:

  1. Awesome info. Thanks for sharing.

    BalasHapus
  2. Bingung Cari Situs Judi Online Terpercaya ?


    Situs Betting Terpercaya Dan Terbesar di ASIA
    PANDORAQQ
    Menawarkan | Fasilitas | Keunggulan
    Deposit &

    Withdraw Minimal Rp. 20.000,
    Deposit & Withdrawal

    Super Cepat

    BONUS ROLINGAN 0.5 % Tiap senin

    BONUS REFERAL 20 % Seumur Hidup

    Customer Service Sopan & Ramah Siap Membantu

    Live Chat Responsif 24 jam

    Real Fair Play 100%

    Server Tercepat di Asia Tanpa Lelet

    Jangan berpikir dua kali
    Daftar sekarang juga dan nikmati fasilitas nya

    DAFTAR SEKARANG : PANDORAQQ
    Link Alternatif : www•pandoraqq•net
    WA : +855966735893
    Line : pandoraqq
    Fanpage : Pandoraqq

    BalasHapus

silahkan komen gan :)blog ini dofollow, komentar spam akan dihapus oleh administrator !!!!

Designed By Modify By